Sekuel ‘Gladiator’ Dikembangkan, Kembali Disutradarai Ridley Scott

No Comments
Kini hampir dua dekade sejak filmnya dirilis pada tahun 2000 silam, 'Gladiator' akan dibuatkan sekuel dengan kembali disutradarai Ridley Scott.

Sutradara Ridley Scott memang dikenal lewat film-film sci-fi legendaris dan berpengaruh seperti Alien dan Blade Runner. Namun jangan lupakan juga bahwa ia telah menghadirkan film kolosal epik Gladiator yang memenangkan lima piala Oscar, termasuk kategori Best Pictures. Film ini pun dinilai memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam industri hiburan, dengan membangkitkan ketertarikan audiens terhadap film atau serial berlatar belakang Yunani atau Romawi Kuno. Kini hampir dua dekade sejak filmnya dirilis pada tahun 2000 silam, Gladiator akan dibuatkan sekuel dengan kembali disutradarai Scott.

Seperti yang dilansir Deadline, naskah Gladiator 2 kini digarap Peter Craig (Top Gun 2). Di luar keterlibatan Scott dan Craig, belum ada detail lebih lanjut mengenai Gladiator 2. Selain itu, juga tak diketahui apakah karakter utama di film sebelumnya, Maximus (Russell Crowe), akan kembali setelah ia tewas di ending filmnya. Bagaimanapun, tahun lalu Scott pernah menyatakan bahwa ia tahu cara menghidupkan kembali Maximus di sekuel, meskipun di sisi lain ia tak yakin apakah idenya akan terealisasi. Sang sutradara juga mengakui ia berupaya kembali memboyong Crowe.

Gladiator sendiri berkisah jenderal Maximus Decimus Meridius yang menghadapi penghianatan ketika ayahnya dibunuh dan tahtanya direbut oleh putra kaisar Commodus (Joaquin Phoenix). Tak mau larut dalam keterpurukan, Maximus akhirnya bangkit dan bertarung di arena Gladiator demi membalas pembunuh keluarganya dan merebut kembali tahtanya. Adapun sekuel Gladiator sejatinya bukanlah kabar baru. Pasalnya, skrip Gladiator 2 sempat bocor ke permukaan pada tahun 2009 dan menguak cerita filmnya.

Dalam skrip yang ditulis Nick Cave itu, Maximus dikisahkan kembali hidup hidup berkat kekuatan magis Dewa Roma, dan ia akhirnya kembali ke Roma untuk melindungi umat Nasrani dari persekusi. Setelah itu, Maximus "terlempar" ke masa-masa penting dalam sejarah meliputi Perang Dunia II dan Perang Vietnam, hingga akhirnya Maximus menjadi jenderal di Pentagon masa kini. Karena terlalu mengada-ada serta menyimpang dari tema dan semangat film pertama, skrip Gladiator 2 ini akhirnya ditolak.

Meskipun untuk saat ini belum memiliki jadwal syuting, Gladiator 2 yang diproduksi Paramount diyakini menjadi proyek film terbaru Scott, pasca ia menggarap All the Money in the World (2017).

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

back to top