Ulasan Film: Elizabeth Harvest (2018)

No Comments

Film Elizabeth Harvest diawali dengan narasi:
I dreamt I would meet a brilliant man. I would steal his breath away. And he, in turn, would steal away from everything ugly into a secret world of our own.
dan cerita dibuka dengan sepasang suami istri, Henry Kellensberg (CiarĂ¡n Hinds) dan Elizabeth Kellensberg (Abby Lee), yang memakai pakaian pernikahan. Henry merupakan seorang ilmuwan yang brilian. Sementara Elizabeth selalu menginginkan bertemu dan menikah dengan laki-laki cerdas dan brilian tak peduli dengan jarak usia. Dan hal itu menjadi nyata bagi Elizabeth meskipun pada akhirnya ia mengalami hal buruk dalam hidupnya.

Henry dan Elizabeth baru saja menikah, dan Henry membawa Elizabeth ke rumah mewah yang dibangun di tengah-tengah bukit dengan segala fasilitas yang dibutuhkan Elizabeth; uang, perhiasan, pakaian, dan semuanya. Namun ada satu hal yang tidak boleh diminta dan diketahui oleh Elizabeth. Dengan tegas Henry mengatakan pada Elizabeth:
The only off limits room is this room.
Itu artinya, bahwa satu-satunya hal yang tak boleh Elizabeth "sentuh" dan miliki adalah salah satu ruangan yang ada dalam rumah mewah itu.
Di rumah tersebut terdapat dua orang, Claire Statton (Carla Gugino) dan Oliver Eccleston (Matthew Beard), yang terlihat misterius. Mereka berdua membantu semua yang dibutuhkan Elizabeth di rumah itu.

Rasa penasaran masih menggelayuti pikiran Elizabeth tentang ruang rahasia itu. Pada saat Henry, Oliver, dan Claire pergi, ia membuka pintu ruangan yang nampak berbeda dari ruangan lainnya. Ruangan yang bercahaya merah redup itu terdapat beberapa alat yang dipakai untuk orang sakit. Langkah Elizabeth menuju pada sebuah kotak. Ia menarik pintu kotak itu, dan mendapati sebuah mayat yang sangat mirip dengan dirinya. Elizabeth lari ketakutan dan syok. Sialnya, pada hari berikutnya, Henry mengetahui apa yang telah dilakukan oleh Elizabeth. Lalu ia membunuh Elizabeth dengan sangat sadis.

Elizabeth Harvest merupakan film trhiller fiksi-ilmiah. Film yang berdurasi satu jam empat puluh lima menit ini disutradarai dan ditulis oleh Sebastian Gutierrez. Film ini rilis premier di South by Southwest pada 1o Maret 2018, rilis di Amerika Serikat pada 10 Agustus 2018, dan rilis di Polandia pada 17 Agustus 2018.

Alur cerita Elizabeth maju mundur. Rangkaian cerita film ini cukup kompleks menurut saya. Di pertengahan cerita, jalan cerita film ini agak membingungkan karena cerita bergerak sangat lambat dan disajikan maju mundur. Namun di akhir cerita, semua dijelaskan dengan detil.
Inti cerita Elizabeth Harvest menggabungkan cinta mati dengan hal imiah yang dilakukan melalui sebuah eksperimen yang Henry dan Claire lakukan dengan membuat sebuah kloning.

Claire: "Henry, this has to stop."
Henry: "Unquestionably. I'll do my utmost, Claire."

Meskipun Claire berusaha untuk menghentikan apa yang sudah mereka buat telah gagal, namun Henry terus menjalankan eksperimennya.

Nilai: 2.5/5


back to top