Ulasan Film: The Bad Seed (2018)

No Comments


The Bad Seed merupakan film televisi yang mengudara di Lifetime. Film ini disutradarai oleh Rob Lowe (yang juga bermain dalam film ini) dan ditulis oleh Barbara Marshall. The Bad Seed dibintangi oleh Rob lowe, Mackenna Grace, Sarah Dugdale, Marci T. House, dan beberapa pemain pendukung lainnya.

Film The Bad Seed diangkat dari pertunjukkan drama dengan judul yang sama, The Bad Seed, yang ditulis oleh Maxwell Anderson, dan juga novel The Bad Seed yang ditulis oleh William March pada tahun 1954.

The Bad Seed mengisahkan tentang seorang anak gadis berusia 9 tahun, Emma Grossman (Mackenna Grace), yang memiliki kelainan perilaku yang tak sama dengan anak seusianya. Ia tinggal bersama ayahnya, David Grossman (Rob Lowe). Sedangkan ibunya sudah meninggal dunia.

Emma adalah gadis kecil yang cerdas, fokus, perfeksionis, ambisius, selalu ingin menjadi pemenang, tak suka dikalahkan, dan tak memiliki rasa takut.

Dari penampakan luar, Emma terlihat seperti anak kecil yang sangat manis dan normal. Namun sikapnya akan berubah ketika ia terkalahkan dan tersisihkan.

Berawal dari Emma yang dikalahkan oleh teman sekelasnya, Milo Curtis (Luke Roessler), yang mendapatkan sebuah medali dari sekolahnya atas pencapaian prestasinya. Mendapati dirinya terkalahkan, niat buruk Emma muncul untuk mencelakai Milo. Dari peristiwa tersebut, rangkaian perilaku jahat Emma dilakukan mulai dari gurunya yaitu Mrs. Ellis (Marci T House), baby sitter-nya Chloe (Sarah Dugdale), bahkan kepada ayahnya sendiri.

Dalam melakukan setiap kejahatan, Emma sangat cerdik memanipulasi keadaan dan mampu mengalihkan dari satu kasus ke kasus lain. Dan lebih buruknya, tak akan ada yang percaya bahwa seorang gadis sembilan tahun dapat membunuh seseorang, bahkan ayahnya sendiri yang berusaha mendidik dan mengasuhnya menjadi anak gadis normal seperti anak lain pada umumnya.

Dari awal cerita hingga klimaks, menyaksikan film ini saya pikir cerita ini pada akhirnya atau intinya tentang bagaimana cara seorang ayah belajar menjalin hubungan dengan anak gadisnya yang barangkali kurang kasih sayang yang luput dari perhatiannya dan Emma hanya terlalu cemburu apabila ayahnya lebih mencintai orang lain daripada dirinya. Namun menyaksikan hingga akhir cerita, ternyata cerita The Bad Seed bukan tentang itu, melainkan cerita tentang seorang anak yang memiliki hati dingin layaknya seorang pembunuh dewasa.

Mackenna Grace yang memerankan karakter Emma Grossman memainkan peran ini dengan sangat baik. Pemain film The Gifted ini bukan hanya cantik dalam memerankan peran tersebut, namun ia juga sangat cantik dalam penampilan dan semuanya. Aktingnya tak perlu diragukan lagi.

Jalinan cerita The Bad Seed cukup menarik. Penonton dibawa penasaran dengan bertanya-tanya ada apa dengan Emma dan mengapa anak sekecil itu bisa melakukan hal yang sangat jahat. Namun sayangnya, film ini tidak menjelaskan latar belakang yang menyebabkan atau menjadi pemicu perilaku Emma Grossman.

Nilai: 4/5


back to top