Netflix Siap Produksi Film ‘Pinnocchio’ Arahan Guillermo Del Toro

No Comments
Proyek film lama Guillermo Del Toro yang mengusung kisah 'Pinnocchio' akhirnya mendapatkan kepastian untuk diproduksi.

Proyek film lama Guillermo Del Toro yang mengusung kisah Pinnocchio akhirnya mendapatkan kepastian untuk diproduksi. Melalui pernyataan resmi, Del Toro mengkonfirmasi film Pinnocchio besutannya akan dimotori Netflix. Selain menjadi sutradara, Del Toro diketahui juga ikut ambil bagian sebagai penulis naskah dan produser.

Berdasarkan detail resminya, film tentang boneka yang berangan jadi anak manusia ini akan berformat stop-motion dan memiliki unsur musikal. Dalam film ini, Pinocchio dikisahkan sebagai jiwa polos yang diabaikan ayahnya, dan ia tersesat dalam dunia yang tak pernah ia pahami. Del Toro juga menjelaskan, Pinocchio akan melakukan perjalanan luar biasa yang pada akhirnya akan membuat ia paham dengan sifat ayahnya dan dunia itu sendiri. Del Toro pun memilih negara asal Pinocchio, Italia, dan era rezim fasisme Benito Mussolini sebagai setting filmnya. Dengan visi Del Toro yang unik, versinya diyakini akan jauh berbeda dengan film animasi klasik Pinnocchio yang dihadirkan Disney.

FYI, Del Toro sebenarnya ingin memfilmkan karakter legendaris rekaan Carlo Collodi sejak 2008 silam, dimana filmnya akan mengadaptasi novel Italia The Adventures of Pinocchio. Namun pada November 2017, muncul kabar bahwa Del Toro telah membatalkan proyeknya lantaran tak ada studio yang mau mendanai. Padahal Del Toro sempat mengakui film Pinocchio buatannya hanya membutuhkan modal $35 juta, yang terhitung sedikit jika dibandingkan dengan budget film-film animasi atau blockbuster Hollywood yang biasanya melebihi $100 juta.

Karena kebangkitan proyek Pinocchio yang punya makna bagi personal Del Toroi ini, ia sangat berterima kasih kepada Netflix karena telah memberinya kesempatan untuk membuat film yang sudah lama ingin ia buat. Pinocchio pun diketahui menjadi proyek reuni bagi Del Toro dan Netflix, setelah mereka berkolaborasi dalam serial animasi Trollhunters. Adapun film Pinocchio melibatkan Mark Gustafson sebagai co-director. Gustafson yang merupakan ahli stop-motion, sebelumnya juga pernah menjadi co-director di film Fantastic Mr. Fox karya Wes Anderson.

Rencananya film Pinocchio versi Del Toro akan mulai syuting pada musim gugur ini, dengan tanggal rilis yang belum dipastikan.

Follow Ulasan Pilem di twitter: @ulasanpilem
Kunjungi Ulasan Pilem di facebook: facebook.com/ulasanpilem

back to top