Bagaimana Cara Membawa Spider-Man ke Dalam Venom Universe

No Comments
Film terbaru Venom berada di posisi yang agak janggal, karena jika didalam komik, origin Venom berkaitan langsung dengan Spider-Man, tetapi berbeda dengan di film. Dari laporan yang diperoleh, alasannya yaitu meskipun Spider-Man: Homecoming secara teknis merupakan produksi Sony, karakter tersebut ada dalam Marvel Cinematic Universe, sementara Venom tidak.



Namun, baru-baru ini dikabarkan bahwa salah satu alasan film Venom mendapat rating PG-13 adalah supaya kedepannya akan lebih mudah untuk mempertemukan kedua karakter itu dan dapat diterima oleh audiens yang lebih luas. Lalu kira-kira bagaimana Spider-Man bisa menjadi bagian dari alam semesta yang sama dengan Venom ?

Masalahnya, memilih rating PG-13 ketimbang R untuk mempersiapkan pertarungan antara keduanya, sementara tidak ada yang tahu bagaimana caranya, tampak sangat beresiko. Apakah itu berarti memang sudah ada rencana untuk membawa Spider-Man kedalam universe film ini ?

Tentu saja ada beberapa cara yang memungkinkan hal seperti ini bisa berhasil. Salah satu yang paling masuk akal yakni memilih aktor lain untuk memerankan Spider-Man. Ini berarti dua aktor memainkan peran yang sama secara bersamaan, dengan asumsi pada saat Spider-Man dalam "Venom-verse" muncul, Tom Holland masih aktif memerankan Spider-Man dalam MCU, dan secara teknis keduanya merupakan karakter Sony. Tetapi jika Sony tidak bisa memakai Holland sebagai Spider-Man, maka pihak studio tidak punya pilihan lain kecuali memilih aktor lain.

Kebanyakan orang tentu setuju jika opsi yang paling mungkin dipilih oleh Sony adalah menggunakan Tom Holland sebagai Spider-Man untuk film Venom, tetapi kemungkinan itu sangat kecil. Dengan Holland memainkan peran itu, maka secara tidak langsung membuat Venom dan film terkait lainnya menjadi bagian dari MCU, dan jika kesepatakan itu belum dibuat (dan memang tidak ada), maka tidak mungkin Marvel setuju dengan ide tersebut. Ada asumsi bahwa kesepakatan apapun yang ada antara Sony dan Marvel mengenai Spider-Man dibuat sedemikian rupa sehingga Holland tidak dapat memerankan Spider-Man dalam film non-MCU, karena hal itu jelas akan sangat membingungkan.



Namun, masih ada beberapa ide tak lazim yang bisa digunakan untuk membawa Spider-Man kedalam Venom universe. Apakah Anda tahu bahwa Andrew Garfield bisa kembali dan kembali memerankan Spider-Man ? The Amazing Spider-Man tidak pernah memperkenalkan Venom sebagai karakter, sehingga memungkinkan bagi Venom untuk berada dalam universe tersebut. Cara ini juga menguntungkan karena fans sudah mengenalnya, ketimbang harus menggunakan aktor baru.


Masih tersisa kemungkinan lain karena ada film Spider-Man yang siap menggebrak ke layar lebar. Beberapa bulan setelah film Venom, kita akan mendapatkan film animasi Spider-Man: Into the Spider-verse. Mungkin dunia dari film Venom akan menjadi salah satu dunia yang kita lihat di film animasi tersebut. Spider-Man dari dunia itu bahkan dapat diperkenalkan di film animasinya, meskipun singkat, untuk membuka jalur yang memungkinkan pertarungan antara keduanya di masa depan.

Namun, mengusik Into the Spider-verse menambah satu opsi lain untuk membawa Spider-Man kedalam Venom universe yang tidak membingungkan bagi para fans, yaitu tidak menggunakan Peter Parker. Karakter utama dalam Spider-Man: Into the Spider-verse adalah Miles Morales, dan mungkin memang sudah saatnya untuk memperkenalkan versi live-action dari Miles Morales. Dengan tidak menggunakan Peter Parker, Sony secara tidak langsung menjelaskan kepada dunia bahwa mereka berada di alam semesta yang berbeda dari semua film Spider-Man sebelumnya. Ini juga menjadi cara terbaik untuk melakukannya jika kita benar-benar akan melihat dua Spider-Man di layar lebar pada saat yang bersamaan.



Yang pasti, saat ini kita tidak tahu apa rencana Sony atau bahkan jika Sony memang memiliki rencana, jadi kita harus menunggu dan melihat cara apa yang sesuai dengan ide ini, dengan asumsi film ini sukses hingga bisa melahirkan sekuel. Hal pertama yang harus terjadi adalah film Venom mendapat tanggapan positif di box office bulan Oktober ini.

back to top