Proses Yang Terjadi Saat Komputer Dinyalakan

No Comments
Komputer adalah alat elektronik pengolah data yang sangat penting. Di zaman yang serba modern ini, setiap aspek kehidupan kita sehari hari telah menggunakan komputer sebagai perangkat utama untuk mendukung pekerjaan. Mulai dari sekedar ketik mengetik, edit foto, desain grafis, sampai pada sistem manajemen dalam sebuah perusahaan.


Tapi taukah kamu bahwa komputer bukan hanya sekedar alat elektronik yang langsung dapat bekerja setelah di aliri arus listrik. Tidak sesederhana itu, karena selain terdiri dari komponen-komponen elektronik, komputer juga terdiri dari berbagai macam instruksi kerja yang akan dieksekusi selama komputer berjalan. Instruksi ini berbentuk perintah-perintah dalam bahasa pemrograman yang dapat dikerjakan oleh komputer untuk menyelesaikan suatu masalah.

Kembali ke pembahasan utaman kita. Karena kebetulan saya mendapatkan tugas diperkuliahan saya dengan mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi. Maka pada kesempatan ini saya akan menjelaskan apa yang terjadi saat kita menekan tombol ON pada komputer.

Proses yang terjadi saat komputer dinyalakan.

Saat komputer dinyalakan melalui tombol on maka program yang ditanamkan dalam ROM (boot strap) akan dipanggil ke memori proses untuk dieksekusi, (itulah mengapa komputer tanpa memori gak bisa jalan, yah karena gak ada tempat untuk mengeksekusi perintah boot strap ini).

Program yang terpanggil itu meliputi perintah mengenai alokasi memori, serta pemanggilan sistem operasi yang terdapat dalam hardisk, sampai disini prosesnya namanya booting.

Setelah sistem operasinya terpanggil dan ditanam dalam memori maka kerja boot strap sampai di sini dan seluruhnya diambil alih oleh Sistem Operasi kita.

Setelah itu sistem operasi mulai mengeksekusi perintah perintahnya sendiri mulai dari manajemen memori, tampilan, sampai pengaktifan program antivirus, jam, wifi, bluetooth, dll. Proses ini dinamakan start up.

Akhirnya komputer anda telah menyala dengan diikuti pemahaman dari setiap proses yang terjadi.

back to top