Ulasan Film: Summer of 84 (2018)

No Comments

Musim panas yang seharusnya digunakan untuk menikmati liburan, justru menjadi hari-hari misteri bagi sekawanan empat remaja lelaki dalam film Summer of 84.

Summer of 84 merupakan film drama horor misteri Kanada. Film ini disutradarai oleh Fran├žois Simard, Anouk Whissell dan Yoan Karl-Whissell, dan ditulis oleh Matt Leslie dan Stephen J. Smith. Summer of 84 dibintangi oleh Graham Verchere, Judah Lewis, Caleb Emery, Cory Gruter-Andrew, Rich Sommer dan masih banyak lagi. Film yang berdurasi kurang lebih satu jam empat puluh lima menit ini rilis premier di Sundance Film Festival pada 22 Januari 2018, dan rilis di Amerika Serikat pada 10 Agustus 2018.

Bersetting di Ipswich, June 1984, Summer of 84 mengisahkan tentang seorang remaja 15 tahun, Davey Armstrong (Grahan Verchere) yang menaruh curiga pada seorang polisi, Wayne Mackey (Rich Sommer), atas pembunuhan berantai yang dilakukan oleh polisi tersebut. Pembunuh tersebut disebut The Cape May Slayer.

Atas berita terkait beberapa kasus anak hilang yang tersiar di media elektronik dan cetak beberapa waktu belakangan, hal itu membuat resah Davey dan tiga kawannya. Dan hal yang lebih membuat Davey resah adalah orang yang ia curigai merupakan tetangganya sendiri dan berprofesi sebagai seorang polisi.

Bersama tiga teman dekatnya; Tommy Eaton atau Eats (Judah Lewis), Dale Woodworth atau Woody (Caleb Emery), dan Curtis Farraday (Cory Gruter-Andrew), Davey memata-matai dan melakukan operasi-operasi layaknya seorang detektif profesional untuk membuktikan apa yang ia sangkakan pada Wayne Mackey bahwa benar adanya.

Jalinan cerita Summer of 84 sangat ringan dan sederhana. Musik yang menjadi backsound film ini, gambar film, kostum, dan beberapa hal yang ada dalam film ini benar-benar membawa penonton ke suasana tahun 84. Konflik dalam cerita Summer of 84 tidak terlalu kompleks, namun mampu membawa penonton penasaran dengan klimaks dan akhir cerita film ini, apakah akan ber-plot twist atau justru mudah ditebak?

Melihat keseluruhan cerita, saya rasa film ini bisa jadi rekomendasi film untuk remaja.

Nilai: 3/5


back to top